Senin, 15 Maret 2010

PELUANG DAN ANCAMAN USAHA INDOMARET

PELUANG USAHA INDOMARET

Indomaret siap ekspansi ke wilayah timur Indonesia
03 Dec 2009
JAKARTA Indomaret akan melakukan ekspansi minimarket ke wilayah bagian timur Indonesia pada tahun depan, menyusul banyaknya investor di daerah tersebut yang berkeinginan menjadi penerima waralaba toko modem skala terkecil itu.
Direktur Pemasaran Indomaret Laurensius Tirta Widjaja mengungkapkan target pembukaan gerai pada tahun depan sebanyak 700-800 unit, atau sama dengan jumlah di Jawa, Bali, Lampung, Medan, dan Palembang ekspansi pada tahun ini.
"Pada 2010 kami akan melakukan ekspansi ke Indonesia Timur, dimulai dari Makassar," kata Laurensius di sela-sela perhelatan Grand Final Festival Vocal Group Indomaret 2009, di Balai Sarbini, Selasa malam.
Setelah Makassar, katanya, Indomaret akan merambah wilayah lain di bagian timur Indonesia, mengingat besarnya prospek ritel minimarket di sana.
Peluang ini didasari perilaku belanja konsumen di wilayah itu yang makin modern, disertai peningkatan daya beli masyarakat, terutama di daerah penghasil kakao dan kelapa sawit yang belakangan ini tren harganya membaik.
"Kami optimistis untuk mencapai target tahun depan," ujar Laurensius. Saat ini jaringan Indomaret mencakup 3.785 toko, yang 43% di antaranya atau sebanyak 1.750 toko dibangun bersama dengan terwaralaba.
Besaran investasi satu gerai Indomaret berkisar Rp250 juta-Rp 300 juta, tidak termasuk bangunan atau sewa lahan. "Kami menargetkan bisa mendapatkan toko waralaba sebanyak 50%," ujar Laurensius.
Lomba grup vokal Sementara itu, tahun ini Indomaret berhasil menggelar perhelatan setahun sekalinya yang kedelapan kali, yaitu Festival Vocal Group Indomaret yang diikuti finalis dari sejumlah daerah.
Laurensius mengharapkan komitmen Indomaret untuk menggelar ajang bakat mengolah suara tersebut bisa terus digelar. Di samping bisa menyokong citra Indomaret, kegiatan itu akan mendorong kemajuan olah vokal kelompok paduan suara.
"Apalagi kami perhatikan dalam 5 tahun terakhir ini tidak ada yang mendorong vocal group. Padahal ini talenta. Vocal group ini sesuai dengan kultur bisnis kami yang mengedepankan kebersamaan baik dengan pemasok maupun investor," katanya.
Selain merekam pemenang kategori grup vokal anak-anak, remaja, dan dewasa dalam bentuk kaset dan compact disk yang dijual di gerai Indomaret, Laurensius mengatakan satu tim pemenang akan diikutkan landing di World Choir Games di Shanghai pada tahun depan, dengan pendamping Elfa Sedona.
Entitas terkaitRingkasan Artikel Ini
Peluang ini didasari perilaku belanja konsumen di wilayah itu yang makin modern, disertai peningkatan daya beli masyarakat, terutama di daerah penghasil kakao dan kelapa sawit yang belakangan ini tren harganya membaik. Selain merekam pemenang kategori grup vokal anak-anak, remaja, dan dewasa dalam bentuk kaset dan compact disk yang dijual di gerai Indomaret, Laurensius mengatakan satu tim pemenang akan diikutkan landing di World Choir Games di Shanghai pada tahun depan, dengan pendamping Elfa Sedona.

Jumlah kata di Artikel : 364
Jumlah kata di Summary : 74
Ratio : 0,203

*Ringkasan berita ini dibuat otomatis dengan bantuan mesin. Saran atau masukan dibutuhkan untuk keperluan pengembangan perangkat ini dan dapat dialamatkan ke tech at mediatrac net.

KEUNTUNGAN WARALABA INDOMARET
* Transformasi Pengetahuan
Bergabung dengan Indomaret, akan banyak diperoleh pengetahuan bisnis toko modern dan sekaligus menempatkan Anda sebagai pelaku bisnis.
* Potensi Pasar
Bantuan survey lokasi dari Indomaret akan memperkaya wawasan mengenai potensi dan strategis tidaknya suatu lokasi
* Tidak full time
Dukungan sistem operasional toko yang terintegrasi, membuat para investor tidak perlu terlibat secara full time dalam operasional toko ataupun meninggalkan pekerjaan sebelumnya.
* Peluang Berkembang
Investor dapat memiliki lebih dari 1 (satu) unit toko dengan tingkat kesibukan yang sama dan dapat diatur.
* Minimalisasi Risiko
Perencanaan matang, mulai survey lokasi sampai dengan pembukaan toko, kecepatan distribusi dan kelengkapan barang dagangan, serta dukungan manajemen toko yang solid akan membantu investor dalam menekan risiko kerugian.
MENJADI TERWARALABA INDOMARET
Jika Anda memutuskan untuk membeli hak waralaba Indomaret, langkah awal yang harus dipenuhi adalah :
1. Warga Negara Indonesia
2. Menyediakan ruang usaha ukuran 120-150 m2 (milik sendiri/sewa)
3. Memiliki NPWP dan PKP, serta kelengkapan perijinan lainnya
4. Investasi peralatan toko dan biaya waralaba
Indomaret akan membantu Anda dalam menyiapkan pengelolaan toko dalam hal :
1. Survey kelayakan tempat usaha dan bantuan mencari lokasi
2. Perencanaan anggaran biaya
3. Studi kelayakan investasi
4. Tata ruang dan perencanaan toko
5. Pengurusan ijin usaha dan NPWP
6. Renovasi ruang usaha
7. Pembelian peralatan toko
8. Seleksi dan pelatihan karyawan
9. Standard kerja dan sistem penggajian karyawan
10. Paket sistem operasional toko dan administrasi keuangan
11. Seleksi dan kredit barang dagangan tanpa bunga dan tanpa jaminan
12. Program promosi penjualan
Ada 2 pola kerja sama waralaba,
I. Tidak memiliki tempat usaha
Jika Anda tidak memiliki tempat usaha, Indomaret menawarkan 2 opsi kerja sama.
1. Usulan lokasi toko baru.
Indomaret menawarkan lokasi yang telah disurvey disertai perencanaan matang, mulai dari desain layout toko, estimasi investasi, pendapatan, pengeluaran dan payback period.
2. Take over kepemilikan.
Indomaret menawarkan toko milik sendiri, yang sudah teruji dan menguntungkan. Sistem ini relatif lebih safe namun nilai investasinya lebih tinggi dibanding dengan membuka toko baru karena ada biaya toko, sejak dibuka hingga mencapai kondisi mapan.
Unsur biaya yang merupakan satu paket harga tersebut yaitu:
1. Franchise fee untuk 5 th
2. Peralatan toko dan gudang
3. Sewa tempat selama 5 thn
4. Perijinan
5. Goodwill
Penjualan toko Indomaret memiliki kriteria yang bertujuan memberikan nilai keuntungan dan kepastian berinvestasi dengan mudah.
Kriteria toko Take over adalah :
1. Track record telah teruji
2. Eksistensi toko diterima
3. Perijinan toko telah lengkap
II. Memiliki tempat usaha
Apabila Anda telah memiliki lokasi usaha, Indomaret menawarkan kerja sama sebagai berikut
1. Ruang usaha/rumah/tanah.
Prosedur kerjanya sama dengan “Usulan lokasi toko baru”. Indomaret terlebih dulu melakukan survey kelayakan lokasi yang anda usulkan, mulai dari potensi wilayah, peruntukan bangunan dan perijinan, perencanaan layout toko sampai dengan estimasi payback period-nya. Jika semua dinilai layak, kerja sama dapat dilakukan. Akan tetapi jika tidak atau ada kendala lain, Indomaret akan menyarankan untuk mencari lokasi yang lain.
2. Minimarket existing.
Bila anda memiliki toko yang kurang berkembang dan ingin mengembangkannya, dapat bergabung dengan Indomaret. Prosedur standarnya sama, mulai dari survey kelayakan lokasi sampai dengan estimasi payback period. Perlakuan yang membedakannya adalah dalam menghitung investasi perlengkapan toko. jika perlengkapan toko tersebut sesuai dengan standar Indomaret maka investasinya lebih murah. Namun jika tidak sesuai dengan standar Indomaret, perlengkapan tersebut harus diganti baru.
BIAYA FRANCHISE
Rp 36.000.000 (+PPN)
BIAYA INVESTASI
Rp 300.000.000 – Rp 350.000.000
(Franchise Fee, Perijinan, Pembelian, Peralatan Elektronik dan Non elektronik)
BIAYA ROYALTI
Persentase Penjualan Bersih
Rp 0 – Rp. 175.000.000 -> 0 %
Rp 175.000.000 – 200.000.000 -> 2 %
Rp 200.000.000 – 225.000.000 -> 3 %
> Rp 225.000.000 -> 4 %
Tahapan Kerjasama
1. Presentasi pertama
Supaya presentasi berjalan lebih efektif dan bisa langsung ditindak-lanjuti, bagi terwaralaba yang sudah memiliki usulan lokasi tempat usaha sebaiknya membawa fotocopy dokumen pendukung, seperti : Sertifikat Bangunan, IMB, KTP, KK, dan (jika sudah ada) SIUP, TDP, NPWP, PKP, serta denah lokasi. Pada presentasi pertama ini akan dijelaskan dengan detil mekanisme kerjasama, besarnya investasi, sistem operasional toko, sistem pembagian keuntungan, dan sistem pelaporan.
2. Presentasi kedua
Pada presentasi kedua akan dipaparkan hasil survey kelayakan dan Rencana Anggaran Belanja (RAB) yang mengarah pada besarnya nilai investasi. Biasanya pada presentasi kedua ini dilanjutkan dengan penandatanganan MOU (Nota Kesepakatan) yang mencakup butir-butir pembagian tugas antara pihak Indomaret dengan investor dalam mempersiapkan pembukaan toko, mulai dari pengurusan perijinan, renovasi bangunan, pembelian perlengkapan toko, seleksi dan training karyawan, serta term pembayaran.
3. Pembukaan Toko
Setelah semua item kesepakatan direalisasikan, maka toko siap dibuka dengan program promosi yang ditetapkan Indomaret. Segera setelah toko buka, akan ditandatangani Surat Perjanjian Waralaba untuk jangka waktu 5 tahun.
Sumber : http://www.carifranchise.com/franchise-indomaret/

Sumber : http://bataviase.co.id/content/indomaret-siap-ekspansi-ke-wilayah-timur-indonesia







ANCAMAN USAHA INDOMARET

Saat ini banyak sekali merek produk yang beredar di pasar. Merek apa yang akan dipilih atau lebih disukai akan ditentukan oleh bagaimana sikap konsumen atas bermacam-macam merek. Proses ini biasanya terjadi setelah melalui prosedur evaluasi atribut. Dengan kata lain, kebanyakan pembeli mempertimbangkan beberapa atribut dalam keputusan pembelian mereka.
Pada dasarnya konsumen memiliki sikap yang berbeda-beda dalam memandang atribut-atribut yang dianggap relevan dan penting. Mereka akan memberikan perhatian terbesar pada atribut yang memberikan manfaat yang dicarinya. Dalam perjalanannya, perhatian terhadap atribut tersebut berkembang menjadi keyakinan. Selanjutnya, kumpulan dari keyakinan-keyakinan tersebut membentuk citra merek yang berbeda-beda. Perbedaan ini dikarenakan perbedaan pengalaman konsumen yang diakibatkan oleh proses penyaringan sebagai dampak dari persepsi selektif, distorsi selektif, dan ingatan selektif.

Karena itu, jika pemasar mengetahui bobot yang diberikan konsumen masing-masing atribut yang ditawarkan suatu merek, pemasar dapat meramalkan merek yang akan dipilih oleh konsumen. Customer value merupakan gambaran dari atribut seperti harga, layanan, dan parameter lain yang dirasakan konsumen. Juga emotional value yang mampu mendorong nilai performance produk yang dirasakan oleh konsumen. Dengan begitu customer value merupakan gambaran keseluruhan dari kerangka strategi yang dijalankan oleh perusahaan.
Dalam kaitannya dengan minimart, seperti diketahui, persaingan antara Indomaret dan Alfamart saat ini begitu ketat. Masing-masing berusaha mendapatkan lokasi yang strategis sehingga tak jarang mereka berada di satu lokasi yang hanya dipisahkan oleh jalan lalu lintas. Mereka juga berlomba memberikan hadiah dan harga murah. Logikanya bila salah satu dari minimart tersebut menawarkan atribut – misalnya harga murah -- yang lebih tinggi, tentunya konsumen akan memilih salah satu minimarket tersebut. Nyatanya, dua-duanya masih bertahan meski di satu lokasi.

Untuk itulah, penelitian ini mencoba melihat atribut yang dianggap penting oleh konsumen dalam menentukan pilihan minimarket. Penelitian ini mengambil 30 responden yang tersebar di beberapa lokasi di Jakarta dimana terdapat dua minimarket – dalam hal ini Indomaret dan Alfamart – di lokasi berdekatan. Responden yang dipilih adalah konsumen yang pernah berbelanja di minimarket dan berada di kelas B ke atas. Wawancara dilakukan dengan telepon dengan pemilihan responden menggunakan petunjuk buku telepon.
Tabel: Persepsi Nilai Minimart (n=30)
ATRIBUT Tingkat INDOMARET ALFAMART
Kepentingan (%) Performance Value Performance Value
1 Harga murah yang ditawarkan 26,8 6,93 1,86 6,47 1,73
2 Hadiah yang ditawarkan 10 6,23 0,62 6,77 0,68
3 Lokasi 18,3 7 1,23 7,2 1,32
4 Keragaman produk 14,8 6,87 1,02 6,8 1,01
5 Kecepatan layanan 9,7 6,6 0,64 6,6 0,64
6 Suasana outlet 6,8 6,5 0,44 6,83 0,46
7 Merek outlet 3,7 6,4 0,24 6,2 0,23
8 Parkir gratis 4,3 5,33 0,23 5,37 0,23
9 Luas outlet 5,3 5,8 0,31 6,03 0,32
10 Keramahan layanan 0,3 3,33 0,01 2,33 0,01
100 6,6 6,63
Sumber: Data Primer, 2008
Dari penelitian ini diketahui bahwa – meski terbesar – namun atribut harga murah (26,8%) bukan segala-galanya bagi konsumen. Ada faktor lain seperti lokasi (18,3%) keragaman produk (14,8%) dan sebagainya. (Lengkapnya lihat Tabel 1). Yang menarik adalah dalam layanan, kecepatan layanan jauh lebih penting dari pada keramahan. Selain itu, merek outlet – apakah Indomaret atau Alfamart – bagi konsumen tidaklah penting. Ini menunjukkan bahwa loyalitas konsumen terhadap suatu merek minimarket sangatlah rendah. Loyalitas dikalahkan oleh hadiah atau harga mura yang ditawarkan.
Dilihat dari merek minimarket yang memberikan value total lebih besar, Alfamart memberikan value yang lebih besar dari Indomaret. Indomaret hanya unggul pada harga yang dipersepsikan lebih murah ketimbang Alfamart, ragam produk lebih luas, dan merek outlet. Ini menunjukkan bahwa sejatinya, Alfamart berpeluang untuk mengungguli Indomaret. Dngan kata lain, bila harga yang dipatok Alfamart bisa lebih murah dari Indomaret maka Alfamart bisa mengalahkan Indomaret.

Sumber : http://mix.co.id/index.php?option=com_content&task=view&id=165&Itemid=144

14 komentar:

burju mengatakan...

aduh...bagaimana kelanjutan hidup pedagang kecil???yang hidup keluarganya tergantung dan bahkan digantung oleh hasil penjualan dagangannya?? sementara kalau kita survey,kehadiran indomaret disuatu daerah kecil atau kecamatan tidak peduli dengan pedagang kecil disekitarnya..Inikah yang dikatakan "BESAR DIJILAT KECIL DIPIJAK??"

burju mengatakan...

bu..tolong dimuat tentang syarat-syarat berdirinya suatu indomaret atau alfamart yang dikeluarkan pemerintah di suatu daerah kecamatan. thanks

Anonim mengatakan...

pak...gmn caranya untuk buka toko indomaret di luar pulau jawa, misalnya di daerah papau..Thanks

Unknown mengatakan...

saya punya tanah di magelang ,luas tanah -/+ 25x35m2 di sekitar lokasi -/+ 1km dari candi borobudur , saya ingin gabung dengan FRANCHISE indomarat. bgaimana cara nya ....?

Admin mengatakan...

Kami RAJA RAK INDONESIA menyediakan berbagai macam RAK, seperti RAK MINIMARKET, RAK TOKO, RAK SUPERMARKET dan RAK GUDANG. Website kami di : http://www.rajarakminimarket.com, http://www.rajaraksupermarket.com, http://www.rakgudangjakarta.com, Telp: 021-87786434

Unknown mengatakan...

pak saya ingin menawarkan tempat kepada indomart tempatnya cocok alamat di perm grand kahuripan blok GB 01 cileungsi-Bogor hp 081310807363 tolong di tanggapi ya pak makasih!!

Unknown mengatakan...

Setiap kepemilikan indomaret /kerja sm kan audah jelas mempuyai NPWP.hanya pengisaha toko toko kecil yg tdk mw urus...jika pengusaha tidak mempunyai NPWP itu namanya usaha gelap enjoy your lige

Unknown mengatakan...

saya punya tempat di daerah garut tepatnya di daerah cipanas tarogong dekat hotel augusta luas 20X20 Meter posisi depan depanan dengan alfamart barang kali ada yang mau berinvest sy hanya punya lahannya saja tapi modal usahanya tidak ada bagi yg minat bisa hubungi ke no 081214592350

wahyudi mengatakan...

saya punya lahan di depan gerbang pelabuhan pototano sumbawa luas 20 are belakangnya laut depanya jalan utama.. sebelah kanannya pos polisi sebelah kirinya alfamart.. kalo indomart minat hubungi saya di 081337016615

Unknown mengatakan...

saya punya lahan di kota banjar patroman luas tanah 1.400m, lokasi tanah bersebelahan dengan sekolah SMP. kalau pihak indomaret minat hubungi di 082282222357 / 085720204005

Unknown mengatakan...

saya punya toko daerah malang kepanjen ngadilangkung jika indomaret/alfamaret siap nempati minat bisa hubungi 082139803429

Unknown mengatakan...

Saya punya tempat dgn parkir luas dgn luas tanah 1.192 meter yg bertempat di jalan jendral sudirman depan GOR futsal sudirman area sentral industri kulit garut , jika pihak indomaret/alfamart minat hubungi 0852.699.444.75

Ois Chanel mengatakan...

Promo Heboh berlaku periode 6-12 Mei 2020.

Tidak berlaku untuk Human capital alfamart point saja

Sejumlah produk yang bisa kamu dapatkan dengan harga murah diantaranya:

- Marjan Syrup Cocopandan/ Melon/ Lychee 460 ml Rp 16.500/ botol

- Tropical Minyak Goreng (berlaku di Jawa, Lampung dan Palembang) Rp 23.900/ botol

Ois Chanel mengatakan...

The composition of the shares of issuers of Alfamart minimarket outlets has now changed. This is in line with the emergence of the name of individual investor in HC Alfamart , Jonathan Chang as the shareholder of PT Sumber Alfaria Trijaya Tbk (AMRT).

As of May 26, 2020 Jonathan Chang controlled 2,545,228,500 shares of Alfamart. The amount is equivalent to 6.13% of paid up capital and fully placed in AMRT. As a reference, as of May 20, 2020 the name Jonathan Chang has not yet appeared as an investor with a share ownership above 5%, based on data from the Indonesian Central Securities Depository (KSEI).

KONTAN has not been able to confirm some information to Jonathan Chang.

So far there is no complete information about Jonathan Chang's identity and background. He is only known as a local investor whose address is in Kebayoran Lama, South Jakarta about Capital Alfamart

Also Read: HMSP, AMRT, MIDI, SSIA and DSNG will pay dividends after Lebaran, note the full schedule What is clear, as Jonathan Chang entered, PT Sigmantara Alfindo's ownership of AMRT shares remained unchanged.

The controlling shareholder of AMRT still controls 51.52% of Alfamart shares. Thus, it is very likely that Jonathan Chang bought up AMRT shares from the hands of investors whose minority share ownership.

Because, before he entered, Sigmantara Alfindo was the only investor in AMRT with ownership of more than 5%. Another thing, on May 26, 2020 there were no large transactions that took place on AMRT shares.

Crowded in negotiations

However, if the transaction data is withdrawn from March 24, 2020 to May 26, 2020, a large accumulation of transactions takes place in the negotiating market.

The total number of shares traded was 202,854,078 shares valued at Rp 170.5 billion. PT UBS Sekuritas Indonesia was recorded as the largest brokerage broker in this period.

UBS became a broker of 115,541,500 shares crossing transactions. With an average price of Rp 822 per share, the total transaction value reaches Rp 95 billion. Also Read: Alfamartku network managers benefit trillions of rupiah in 2019

Oh yes, March 24, 2020 was used as a benchmark because on that date AMRT's share price was at its lowest point since May 25, 2018. AMRT's own share price has gone up quite recently.

From March 24, 2020 to May 28, 2020 the share price has jumped 45.60% to the level of Rp 910 per share.

Posting Komentar