Sabtu, 22 Mei 2010

analisis BCG didalam indomaret

“ANALISIS BCG DI DALAM INDOMARET”
Pada awal tahun 1970, BCG Matrix pertama dikemukakan oleh Bruce Henderson dari Boston Consulting Group. Hal ini juga dikenal sebagai matriks BCG, Boston Consulting Group Matrix , BCG Growth-Share Matrix atau Matrix Kuadrannya .

Menggunakan Produk Portofolio pendekatan Matrix , perusahaan diklasifikasikan semua nya SBU atau Produk / Pasar menurut Pertumbuhan-Share Matrix. Oleh karena itu, yang terbaik adalah menjelaskan sebagai model perencanaan Portofolio.

BCG Matrix



Dalam Kuadran Matrix, piring dibagi 4 kategori bernama
A. Bintang
B. Kas Sapi
C. Tanda Tanya
D. Dog


Divisi ini berdasarkan Pasar Saham dan laju Pertumbuhan. Sebuah diskusi singkat datang berikut:
A. Star: Pemimpin [saham] tinggi yaitu pasar pasar pertumbuhan yang tinggi disebut bintang.
SBU ini adalah pengguna bersih kas, karena mereka selalu membutuhkan investasi besar untuk membiayai pertumbuhan yang cepat dan untuk mempertahankan pangsa pasar. Ketika produk datang ke tahap dewasa, maka pertumbuhan melambat dan mereka berpaling ke sapi kas.

B. Kas Sapi: sapi Kas adalah pertumbuhan rendah tetapi pangsa pasar yang tinggi (pemimpin pasar) perusahaan atau produk.
pendapatan yang tinggi, ditambah dengan penyusutan, merupakan arus kas masuk yang tinggi dan mereka butuhkan sangat sedikit di jalan reinvestasi. Dan dengan demikian, mereka adalah penyedia bersih kas. Surplus kas digunakan untuk Penelitian dan Pengembangan dan untuk mendukung SBU yang membutuhkan investasi.

C. Pertanyaan tandai: Produk dalam pertumbuhan pasar dengan pangsa pasar yang rendah dikategorikan sebagai Pertanyaan Mark.
Karena pertumbuhan, SBU ini memerlukan banyak uang tunai untuk menahan pangsa pasar mereka dan apalagi untuk meningkatkannya. Jika tidak ada yang dilakukan untuk meningkatkan pangsa pasar, tanda Pertanyaan hanya akan menyerap sejumlah besar uang dalam jangka pendek dan kemudian, seperti pertumbuhan melambat, menjadi anjing. Jadi, jika tidak dilakukan sesuatu untuk mengubah perspektif, ia menjadi perangkap kas.

Manajemen harus memutuskan yang menandai pertanyaan harus mencoba untuk membangun ke bintang-bintang dan yang harus dihapus.

D. Dog: Anjing adalah pertumbuhan rendah, pangsa pasar SBU rendah. Mereka mungkin menghasilkan cukup uang untuk mempertahankan diri mereka sendiri, tapi tidak berjanji untuk menjadi sumber besar uang tunai.
kasus paling sering, harus melikuidasi dan mencoba dengan SBU tanda Pertanyaan untuk investasi.
Pasar Laju Pertumbuhan dan Pangsa Pasar Relatif bermain roll penting dalam BCG Matrix . Laju Pertumbuhan Pasar adalah ukuran dari daya tarik industri dan Pangsa Pasar Relatif adalah ukuran dari keuntungan kompetitif. Oleh karena itu, kedua adalah faktor yang paling penting untuk mempertimbangkan profitabilitas organisasi dan rencana strategis.



Keterbatasan:

Meskipun Produk Portofolio Matrix dikenal untuk mempermudah cara analisis portofolio,
Ini juga memiliki beberapa keterbatasan. Berikut beberapa keterbatasan yang singkat meriwayatkan:
A. Tinggi Pangsa Pasar bukanlah satu-satunya faktor untuk mengukur keunggulan kompetitif. Demikian pula, tingkat pertumbuhan pasar adalah bukan satu-satunya faktor untuk mengukur daya tarik industri.

B. Kadang-kadang anjing SBU digunakan sebagai sinergi untuk SBU lain. yaitu seekor anjing yang dapat membantu SBU lain untuk mendapatkan keuntungan kompetitif.

C. Kadang-kadang Anjing [dari] pasar yang besar dapat memperoleh lebih banyak uang bahkan sebagai Kas Sapi.

Meskipun memiliki beberapa keterbatasan, matriks BCG adalah alat yang sangat efektif untuk melihat portofolio bisnis korporasi dalam sekejap. Dan juga berguna untuk proses pengambilan keputusan untuk mengalokasikan sumber daya perusahaan

• Dengan penjelasan diatas, maka indomaret termasuk dalam SBU STAR, karena , selalu membutuhkan investasi besar untuk membiayai pertumbuhan yang cepat dan untuk mempertahankan pangsa pasar.

http://bbamba.info/Articles/Marketing/Portfolio-BCG-Matrix.html

0 komentar:

Posting Komentar